Integrated Sustainable Forest Management Plan (ISFMP)

Dokumen studi dasar pengelolaan hutan dengan merangkum berbagai sumber data produksi, lingkungan, dan sosial yang sudah ada, diantaranya yaitu:

  • Identifikasi hutan yang memiliki nilai konservasi tinggi (HCVF).  High Conservation Value Forest (HCVF) adalah hutan yang dipersyaratkan untuk memelihara atau meningkatkan suatu nilai konservasi tinggi. Keberadaan hutan alam yang masih terpelihara dengan baik, dapat menjadi tempat tumbuh berkembangnya satwa dan jenis tumbuhan langka lainnya.
  • Identifikasi areal dengan simpanan carbon tinggi (HCS).  Study Simpanan Carbon Tinggi adalah untuk mengetahui atau membedakan areal berhutan dan/atau areal yang masih mempunyai potensi untuk berkembang sehingga bisa menjalankan fungsi ekologinya dengan area yang terdegradasi dan/atau stock carbon rendah sehingga berpotensi untuk dikembangkan sebagai hutan tanaman.
  • Identifikasi konflik sosial.  Hasil pemetaan studi sosial yang dilakukan dengan mengidentifikasi kepemilikan tanah serta hak-hak yang terdapat didalamnya (Customary Rights), dapat memberikan gambaran kondisi masyarakat yang berada di dalam dan disekitar konsesi. Seperti informasi keberadaan desa yang ada sebelum atau setelah adanya konsesi, ada tidaknya tanah ulayat, pemenuhan livelihood lokal, adanya jual beli lahan didalam konsesi dan jenis konflik lainnya.  Sehingga dengan hasil pemetaan tersebut, perusahaan dapat menempatkan diri dalam pemilihan kebijakan dalam menyelesaikan suatu konflik dan perusahaan dapat menjalin hubungan harmonis dengan masyarakat.
  • Studi Growth and Yield. Study growth and yield membantu perusahaan dalam mengetahui kondisi kesuburan tanah, sehingga perusahaan bisa mengambil tindakan dalam meningkatkan produksi tanaman.
  • Studi Lahan Gambut. Studi lahan gambut diperlukan dalam perancangan (penyempurnaan) jaringan kanal (sebaran, dimensi, dan spesifikasi lainnya), serta dalam melakukan manajemen air yang cocok bagi transportasi dan pertumbuhan tanaman.

Link: Integrated Sustainable Forest Management Plan (ISFMP)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *